artikel bisnis online
Tugas bisnis online
1. Browsing jenis jenis
bisnis online. Minimal 5 atau 10 jenis
2. Cara memulai bisnis
online
3. Cara meningkatkan
penjulan online
4. Keuntungan keuntungan
dalam bisnis online
5. Buatlah artikel
dengan judul baru strategi bisnis online yang menguntungkan bagi pemula dengan
cara mngkombinasi 4 artikel diatas dengan tambahan kreasi tulisan dari masing
masing siswa
Artiker tersebut di copy dan dimodifikasi, kemudian
simoan di blog masing-masing.
Jenis jenis bisnis online
1.
Bisnis Dropship, Jenis Bisnis Online Modal Minim
Ide
dasar di balik bisnis
dropship adalah bahwa, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda
tidak perlu menyimpan atau menyetok barang dan tidak perlu menangani pengiriman
barang kepada pelanggan Anda.
Ini
tentunya memangkas biaya dan resiko memiliki gudang yang penuh dengan barang
yang tidak terjual. Selain itu, Anda terhindar dari kerumitan proses pengiriman
pesanan ke seluruh pelosok Indonesia atau bahkan luar negeri.
Sebagai
gantinya, Anda bekerja dengan perusahaan atau bisnis yang mengkhususkan diri
pada jenis bisnis online dropship. Begini cara kerjanya:
·
Anda
bekerjasama dengan suplier dropship
·
Selanjutnya,
Anda melisting produk yang dijual ke website Anda atau di platform marketplace
seperti Bukalapak dan Tokopedia
·
Ketika
Anda pembelian, maka Anda menerima uang dari pembeli lalu memesan barang dari
suplier dropship. Biasanya suplier ini memberikan harga lebih murah kepada
dropshipper.
·
Selanjutnya,
suplier melakukan packing dan mengirim barang ke pembeli dimana pada bagian
pengirim tertera nama Anda.
Cukup
mudah bukan? Dengan usaha dropship, Anda dapat menawarkan berbagai macam
produk, sehingga biaya operasional untuk bisnis Anda sangat rendah.
Namun,
ada kekurangan dari model bisnis dropship ini. Anda harus menemukan supplier/
produsen yang punya reputasi baik dan dapat diandalkan untuk mengirim barang ke
pelanggan Anda. Jika pesanan terlambat, tidak dikirim, atau produk berkualitas
buruk, maka Anda yang disalahkan.
Selain
itu, karena pasar ini sangat kompetitif, marginnya (perbedaan antara harga
grosir dan seberapa banyak Anda dapat menjual produk) lebih rendah. Tapi, tetap
saja bisnis dropship merupakan salah satu pilihan untuk memulai bisnis internet
dengan biaya rendah atau nyaris tanpa biaya.
2. Bisnis Affiliate Marketing
Jenis
bisnis online affiliate marketing ini agak mirip dengan bisnis dropship namun
ada beberapa perbedaan mendasar. Dengan model bisnis online ini, sekali lagi
Anda tidak perlu menyetok barang dan tidak perlu khawatir tentang proses
pengiriman produk ke pelanggan.
Bahkan,
bila Anda tidak punya produk, Anda tetap bisa menjual produk orang lain dan
mengambil keuntungan. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memilih ceruk
menguntungkan untuk bisnis online Anda, kemudian menemukan mitra afiliasi yang
memiliki produk yang tersedia di ceruk itu.
Perbedaan
mendasar antara dropship dengan affiliate marketing adalah pada teknologinya.
Pada bisnis dropship, kita sebagai dropshipper harus berkomunikasi dengan calon
pembeli, biasanya via chatting.
Pada
bisnis affiliate, sebagai affiliate marketer Anda tidak harus berkomunikasi
dengan calon pembeli, tapi cukup mempromosikan link khusus milik Anda. Bila
terjadi pembelian melalui link Anda tersebut, maka Anda akan mendapat komisi.
Beberapa
e-commerce yang menawarkan kesempatan menjadi affiliate:
·
Amazon.com
·
Blibli.com
·
Bhinneka.com
·
Ratakan.com
·
Idaff.com
3. Blogging for Money
Jika
Anda memiliki keahlian atau minat pada suatu topik, maka Anda bisa menghasilkan
uang dengan membangun sebuah blog. Manfaatkan layanan platform blogging gratis
seperti Blogger (www.blogger.com) untuk membuat blog. Atau Anda juga bisa
membuat situs dengan membeli domain dan hosting sendiri dengan harga yang
terjangkau.
Anda
mungkin berpikir bahwa kegiatan blogging hanyalah menulis artikel. Bisa jadi,
bila itu yang Anda inginkan. Tapi menulis artikel di blog hanyalah awal. Selain
menulis artikel, Anda juga bisa memposting foto, video, dan link ke situs lain,
memposting ulang berita dan artikel lain. Ada banyak yang bisa dilakukan,
asalkan berkaitan dengan niche Anda.
Konten
seperti apa yang harus Anda berikan? Apa saja yang berhubungan dengan minat dan
keahlian Anda, misalnya artikel tutorial, artikel daftar top-10, komentar
tentang tren, artikel tips dan trik Anda. Pada dasarnya, Anda hanya perlu
memberikan konten yang bermanfaat, ada banyak sekali ide yang bisa digali.
Ada
banyak cara
menghasilkan uang dari blog, diantaranya:
·
Google
AdSense
Iklan
berbasi PPC ini sangat populer di Indonesia, dimana para pemilik website/ blog
bisa menampilkan iklan di website mereka. Setiap kali pengunjung mengklik
sebuah iklan, maka Anda akan menghasilkan uang. Jumlah per klik iklan biasanya
kecil, namun jika jumlah klik iklan banyak tentu saja hasilnya besar.
·
Iklan
Mandiri di Blog
Anda
juga bisa menawarkan spot iklan banner di blog Anda. Misalnya blog Anda fokus
membahas topik tentang ibu dan anak, kemungkinan besar bisnis yang berhubungan
dengan topik blog Anda akan bersedia memasang iklan dengan biaya tertentu.
·
Pemasaran
Afiliasi
Seperti
yang telah dijelaskan di atas. Di dalam website Anda, Anda bisa menyertakan
tautan ke produk yang dipromosikan, dan setiap kali seseorang membeli produk,
Anda mendapat komisi.
Anda
bisa mengintegrasikan iklan dengan konten agar semakin besar kemungkinan Anda
akan menghasilkan penjualan. Misalnya, Anda bisa melakukan review produk – yang
merupakan konten yang bermanfaat – dan kemudian menyertakan tautan untuk
membeli produk di bawah dimana link tersebut adalah link afiliasi Anda.
4.
Menjadi YouTuber
Pernahkah
Anda menonton video YouTube? Tentu saja Anda Pernah! YouTube adalah salah satu
situs web terpopuler di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna menonton
video selama berjam-jam setiap hari.
Anda
bisa memanfaatkan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Anda tidak
harus membuat video viral. Namun, jika itu terjadi dimana video Anda dilihat
orang dari seluruh dunia dengan jutaan views, itu merupakan keuntungan
tersendiri.
Anda
bisa mengikuti strategi yang telah terbukti meningkatkan jumlah penayangan
beberapa video. Mulailah dengan menciptakan konten yang bermanfaat, sesuatu
yang menarik untuk ditonton orang. Dan itu berhasil di berbagai niche yang
berbeda. Video Anda bisa berupa tutorial, tips dan trik tentang topik tertentu,
opini, bermain musik, bernyanyi, dan lain sebagainya. Tidak ada batasan konten
video yang bisa Anda ciptakan.
Pendapatan
YouTuber berasal dari iklan yang tayang di video Anda. Langkah pertama, Anda
membuat akun YouTube dan mulai mengupload video. Kemudian Anda bisa mengaktifkan
opsi monetisasi di setelan YouTube Anda.
Pada
dasarnya, ini memperbolehkan Google untuk menyertakan iklan AdSense singkat di
dalam video Anda. Tentu Anda perrnah Anda melihat iklan jika Anda menonton
video YouTube. Saat pemirsa mengeklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan
uang.
Baca
juga: Cara
Mendapatkan Uang dari YouTube
Beberapa
tip untuk membuat video yang tampak profesional (tidak perlu peralatan mahal):
·
Anda
bisa menggunakan smartphone atau kamera video sederhana. Tapi pastikan
pencahayaannya bagus sehingga objek dalam video Anda terlihat jernih.
·
Pastikan
audio terdengar jelas. Anda tentu tidak ingin suara AC, kebisingan konstruksi,
atau gangguan lainnya terdengar dalam video.
·
Gunakan
perangkat lunak pengeditan sederhana seperti iMovie untuk meletakkan judul di
awal video dan untuk mengedit kekurangan.
5. Menjual Produk Informasi
Bila
Anda ingin memiliki bisnis internet, Anda tidak harus menjual produk fisik.
Sebenarnya, menjual produk informasi digital adalah salah satu cara termudah
dan tercepat untuk menghasilkan uang.
Ada
banyak cara untuk membuat produk informasi, namun format yang paling populer
meliputi:
·
Audio:
rekaman telekonferensi, wawancara, kursus, atau beberapa produk audio lainnya
·
Video:
rekaman webinar , sebuah wawancara, tutorial
·
Teks:
sebuah ebook, buklet instruksi, panduan perjalanan
Cara
memulai bisnis online
1.
Cara Memulai Bisnis Online dari Nol pertama harus paham apa yang dijual
Paham
produk (storeporter)
Kalau
gak paham dengan barang yang mau kamu jual, ngapain juga kamu jalankan bisnis
online? Paham gaknya kamu menentukan lho gimana hasil bisnis online-mu nanti.
Penting tahu ini. Sebab ini menjadi cara memulai bisnis online dari nol.
Hal
pertama yang mesti kamu pahami adalah barang atau produk yang bakal kamu jual.
Bahkan, kamu wajib tahu sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini membantu kamu buat
mengetahui kualitas produk yang dijual. Kamu juga tahu berapa harga beli dan
harga jual yang pantas.
Kedua,
kamu juga harus memahami selera pasar. Apa yang lagi orang-orang suka saat ini?
Model seperti apa yang mereka pengin punya? Kalau hal-hal itu bisa kamu pahami,
dijamin barang-barang yang kamu jual mendatangkan banyak pembeli.
Ketiga,
pastikan produk yang kamu pasarkan nanti, banyak yang cari di Google. Cara
gratis untuk mengetahui banyak-tidaknya orang yang mencari produkmu, kamu bisa
gunakan Google Keyword Planner. Dari situ kamu bisa lihat berapa volume
pencarian dari produk yang bakal kamu jual.
Kalau
volume pencarian dari barang yang hendak kamu jual terlampau tinggi, maka makin
tinggi juga persaingan dalam menjual barang itu. Pertimbangkan
untuk mencari varian unik dari barang tersebut, yang masih jarang dijual orang
lain, tapi disukai.
2.
Riset kompetitor
Riset
kompetitor (productmanagerclub)
Kamu
harus tahu betul kompetitormu. Caranya, kamu bisa mulai dari riset gimana
mereka jual produk mereka secara online. Buka-buka aja di platform online
marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, hingga Shopee.
Cari
tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang mau beli. Rating dan review emang
kasih pengaruh cukup kuat. Namun, hal tersebut gak selamanya berlaku. Gak
sedikit juga di antara pembeli yang kecewa lalu kasih rating dan review jelek.
Dari
sini kamu bisa belajar buat menawarkan keunggulan bisnismu yang menjadi
kelemahan di kompetitor. Misalnya aja soal pembeli yang paling gak suka respons
yang lama atau pengemasan yang asal-asalan.
Nah,
kekurangan kompetitor tersebut bisa kamu manfaatkan buat memaksimalkan
penjualan bisnis online-mu. Misalnya nih, kalau ada pertanyaan yang
mampir, kamu kudu jawab dengan cepat. Terus pengemasan barang, kalau
memungkinkan, tambah bubble wrap agar pembeli happy.
Harga
juga menentukan banget. Namun, menjual barang lebih murah dari lapak lain gak
selamanya bakal mendatangkan banyak pembeli. Masih ada kok dan banyak malah
yang mementingkan kualitas ketimbang murahnya harga. Intinya, kamu masih
menjual dengan harga yang terbilang kompetitif.
3.
Cari supplier
Cari
supplier (pqs)
Boleh-boleh
aja kamu cari supplier di pusat grosir. Namun, kamu bakal
sulit buat ambil untung dari produk yang kamu jual.
Terus
cari supplier di mana dong? Jangan menutup kemungkinan buat
cari supplier sampai ke luar negeri. Atau dengan mendatangi
sentra pengrajin di daerah-daerah. Buktinya, Brodo, brand sepatu
cowok, bisa sukses dengan memberdayakan pengrajin sepatu Cibaduyut.
Seandainya
kamu pengin kerjasama dengan supplier di luar negeri sana, kamu bisa mencarinya
lewat Alibaba.
Di sana banyak sekali barang beserta supplier-nya yang bisa diandalkan.
Lebih
enak lagi nih kalau kamu bisa menjajaki kerjasama sebagai dropshipper dan reseller.
Di Indonesia ada Supplier, Dusdusan, dan Bandros yang menawarkan kerjasama buat kamu yang pengin
jadi dropshipper ataupun reseller.
4.
Bikin brand yang buat orang percaya
Branding
(aimhigherafrica)
Banyak
yang memulai bisnis online dengan cara yang bisa dibilang asal-asalan. Mulai
dari pemberian nama brand bisnisnya sendiri hingga logo yang
dibikinnya. Padahal nih, kepercayaan orang-orang buat membeli terbangun dari
citra bisnis itu sendiri.
Lihat
aja brand-brand yang terkenal semisal Pepsi atau Nike. Nama
dan logo brand mereka begitu melekat di pikiran orang-orang. Ditambah dengan
kualitas yang mereka tawarkan, bikin orang-orang yakin kalau produk mereka itu
bagus.
5.
Promosi gratis hingga berbayar
Media
sosial (adlibbing)
Bukan
rahasia lagi bahwa promosi lewat medsos bisa dilakukan secara berbayar, namun
bisa pula gratis. Tapi, walau sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan,
antara gratis dan berbayar jelas lebih efektif yang berbayar karena lebih
tertarget.
Saat
ini media sosial semisal Facebook dan Instagram menawarkan ads atau
iklan berbayar buat yang pengin produknya makin dikenal. Dikutip dari Facebook,
biaya beriklan di medsos tersebut dimulai dari US$ 5 hingga US$ 50 ribu per
minggu.
Itu
berarti kamu sediakan dana mulai dari Rp 72 ribuan hingga Rp 720 jutaan per
minggu. Mahal sih emang. Namun, lewat gratisan pun, gak menutup peluang buat
dapat untung banyak kok. Asal dari awal kamu udah gencar promosikan brand-mu
dengan baik.
Itu
tadi lima cara memulai bisnis online dari nol. Mudah-mudahan aja dengan
menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa memperoleh banyak untung. Selamat
mencoba!
Cara meningkatkan
penjualan online
1.
Pilih Platform yang Tepat untuk Website
Membuat website adalah pondasi utama supaya jualan online Anda
semakin sukses dan berkembang. Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di
dunia maya website adalah toko Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih
platform untuk website. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan
tentu saja pelanggan Anda.
Platform pembuatan website rekomendasi kami adalah
WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di
seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara platform pembuatan
website lainnya.
Selain itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk
website Anda. Website yang Anda buat menggunakan WordPress membutuhkan hosting. Hosting adalah
tempat untuk menyimpan semua file, dari gambar, HTML, hingga konten.
2.
Gunakan Tema Profesional
Setelah membuat website menggunakan WordPress dan menyewa
layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih tema
profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis. Jadi
Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa
inspirasi tema WordPress di artikel template WordPress gratis.
3. Dapatkan Pelanggan dari Trafik Organik
Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi
sebagian besar website. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil
pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine
Optimization adalah kumpulan panduan dan teknik untuk membuat website Anda
search engine friendly.
Kami sudah membahas langkah-langkah apa saja untuk
mengoptimasi SEO WordPress Anda di artikel SEO WordPress untuk Website Anda dalam 16 Tips Mudah.
Anda dapat mengikuti panduan tersebut dan menerapkannya di website Anda. Namun,
harus dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan
hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.
4.
Susun Strategi Content Marketing
Content marketing adalah strategi membuat konten yang
berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan strategi
content marketing memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik yang berpotensi
untuk menjadi konsumen.
Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi
content marketing adalah dengan menambahkan blog ke website Anda. WordPress
menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.
Di blog tersebut Anda bisa menerbitkan konten-konten yang
berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website Anda.
Anda juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para
pengunjung blog membeli produk yang Anda jual di website. Anda bisa mempelajari
lebih lanjut mengenai strategi content marketing di artikel Strategi Content Marketing.
5. Buat Keputusan
Berdasarkan Google Analytics
Kebanyakan para pebisnis pemula hanya memanfaatkan
intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk bisnis.
Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa membuat
bisnis Anda tidak terarah.
Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya
gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantu
Anda menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di website
Anda. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang
paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah
pengunjung yang meninggalkan website.
Anda bisa memasang Google Analytics di WordPress dengan
mengikuti panduan di artikel Panduan Memasang Google Analytics.
6.
Manfaatkan Media Sosial
Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk
saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk
meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah
pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.
Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media
sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda
perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial. Ikuti
panduan di artikel Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk
menyusun strategi efektif untuk kampanye media sosial.
7.
Aktif di Komunitas Online
Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora,
Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon konsumen Anda.
Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri Anda. Misalnya, jika
Anda menjalankan bisnis traveling, Anda bisa mengikuti forum-forum yang
membahas tentang traveling dan liburan.
Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru
di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk
industri Anda. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau
layanan Anda berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.
8.
Tunjukkan Testimoni Pelanggan
Testimoni pelanggan bisa menjadi senjata Anda untuk
meyakinkan calon konsumen. Kumpulan testimoni pelanggan bisa mempengaruhi calon
konsumen yang sebelumnya ragu dengan produk Anda menjadi yakin untuk mencoba.
Anda bisa meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, atau
bahkan halaman utama website Anda.
9. Sediakan Berbagai Macam Metode Pembayaran
Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu bank
tertentu. Ada yang menggunakan BCA, BNI, Bank Permata, Bank Danamon, BRI, atau
Bank Mandiri. Ada juga yang lebih suka membayar melalui kartu kredit atau
mobile payment tertentu seperti Go-Pay, OVO, dan T-Cash.
Tawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk
meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Menambah
metode pembayaran turut membantu meningkatkan penjualan online bisnis karena
pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar. Salah satu contohnya
adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay untuk mempermudah klien untuk
membayar tagihan hosting, domain, atau VPS.
10.
Buat Iklan yang Jujur
Kejujuran dalam membuat iklan adalah hal krusial untuk
reputasi bisnis Anda. Anda memang harus membuat iklan yang unik, kreatif, dan
menarik. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyisipkan klaim-klaim tidak
jujur dalam iklan. Iklan yang tidak jujur hanya akan memperburuk kredibilitas
bisnis Anda di mata konsumen.
11.
Optimasi Mobile
Optimasi website untuk perangkat mobile merupakan hal
wajib untuk semua bisnis. Hal ini disebabkan oleh perilaku pengguna internet
Indonesia yang mayoritas menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet.
Berdasarkan riset Google, sebanyak 94 persen pengguna
internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Mayoritas
pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui smartphone karena lebih
mudah dan lebih cepat diakses. Sebagai pemilik website Anda harus menjawab
tantangan ini dengan mengoptimasi kecepatan loading website di perangkat
mobile.
Selain penting untuk kenyamanan pengguna perangkat
mobile, website yang dioptimasi untuk perangkat mobile juga lebih disukai oleh
Google. Sejak 2017, Google telah resmi
menerapkan mobile-first indexing yang artinya performa website Anda di perangkat
mobile menjadi salah satu faktor terpenting dalam penilaian Google. Lebih bagus
performa website di perangkat mobile, kemungkinan lebih tinggi pula peringkat
yang bisa diperoleh di hasil pencarian Google.
12.
Manfaatkan PPC
PPC adalah kependekan dari Pay Per Click, salah satu
model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap
iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem periklanan seperti ini cocok
diterapkan di berbagai jenis bisnis, baik bisnis skala kecil, menengah, atau perusahaan
besar sekalipun. Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan
besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.
PPC memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak
audiens yang ditargetkan untuk suatu iklan. Anda bebas mengatur jumlah audiens
iklan Anda, bisa 10 ribu audiens, 20 ribu audiens, atau bahkan 50 ribu audiens.
Tentu lebih banyak audiens yang ditargetkan, lebih banyak juga uang yang Anda
keluarkan.
Selain itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi
audiens yang Anda targetkan. Misalnya, bisnis Anda adalah pakaian bayi, Anda
bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, yaitu ibu. PPC
juga memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens berdasarkan lokasi
sehingga Anda bisa fokus pada lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis Anda.
Anda bisa membuat iklan PPC di masing-masing platform
dengan mengikuti panduan di artikel ini: Cara Menggunakan Google AdWords, Cara Membuat Instagram Ads, dan Cara Membuat Facebook Ads.
13.
Terapkan Strategi FOMO
FOMO adalah singkatan dari fear of missing out yang arti
harfiahnya “takut ketinggalan”. Fear of missing out adalah istilah psikologis
yang menggambarkan perilaku manusia yang gelisah jika ketinggalan tren atau
hal-hal yang menyenangkan.
Dalam bisnis, Anda bisa memanfaatkan perilaku tersebut
untuk meningkatkan penjualan online. Pada dasarnya Anda perlu membangun
kegelisahan calon konsumen Anda dengan meyakinkan mereka bahwa promosi yang
Anda tawarkan adalah langka dan jarang terjadi.
14.
Tingkatkan Kecepatan Website
Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google
menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan
loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai
website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di
desktop dan mobile.
Selain itu, pengguna internet tidak sabar untuk
mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli
produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia
meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.
15.
Manfaatkan Email Marketing
Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti
newsletter dan promosi melalui email. Gary Thuerk adalah orang pertama yang
mengirimkan email marketing pada tahun 1978. Sejak saat itu, email dikenal
sebagai salah satu alat marketing yang efektif. Pada tahun 2017, dari 205
milyar email yang terkirim setiap harinya, 120 milyar di
antaranya adalah email bisnis yang di dalamnya termasuk email marketing.
Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai
spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, fakta berkata sebaliknya,
penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.
Sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan
bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen
dibandingkan Facebook dan Twitter. Efektivitas yang tinggi ini mungkin
disebabkan perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu
kotak masuk email.
Selain itu, 59 persen konsumen bersedia
untuk menjadi berlangganan email marketing atau newsletter jika ada penawaran
yang diberikan. Penawaran tersebut bisa berupa kupon atau diskon spesial.
Menurut penelitian sebanyak 65 persen konsumen mendapatkan
kupon diskon dari email marketing. Hal ini menunjukkan bahwa email marketing
mendorong konsumen untuk berbelanja baik online maupun langsung ke toko.
Keuntungan bisnis online
1. Menyimpan uang
Salah
satu manfaat utama menjalankan bisnis online Anda adalah Anda dapat menghemat
banyak uang . Ini termasuk menghemat tempat usaha dan berbagai tagihan yang
datang dengan menyewa atau membeli tempat. Selain itu, Anda melakukan
penghematan di daerah-daerah seperti biaya perjalanan. Anda dapat memotong
banyak biaya untuk memulai bisnis jika Anda memutuskan untuk menyiapkannya
secara online. Bagi mereka yang memulai bisnis dengan anggaran terbatas, ini
adalah solusi ideal.
2. Bagus untuk produk bertema
Jika
Anda menjual produk niche, operasi online sangatlah ideal. Orang yang mencari
jenis produk tertentu dapat dengan mudah menemukan dan mengakses layanan Anda,
yang berarti Anda bisa mendapatkan keuntungan dari lebih banyak pelanggan
dibandingkan dengan setumpuk batu bata dan mortir, di mana Anda hanya dapat
diakses oleh orang-orang yang terbatas. Perusahaan seperti Bikerringshop
menjual produk spesialis seperti perhiasan tengkorak dan cincin tengkorak.
Dengan beroperasi secara online, mereka dapat menjangkau khalayak global untuk
produk niche mereka.
3. Sederhana dan nyaman
Menyiapkan
dan menjalankan bisnis bisa menjadi tantangan nyata. Namun, saat Anda
beroperasi online Anda bisa menghilangkan banyak stres dan kerumitan yang
terlibat. Ini adalah metode bisnis yang sederhana, nyaman, dan sangat populer
akhir-akhir ini. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak perusahaan start-up
memutuskan untuk beroperasi secara online.
4. Sangat populer dengan konsumen
Semakin
banyak konsumen sekarang ingin menikmati kemudahan dan kenyamanan berbelanja
barang dan jasa secara online . Dengan pengaturan online, Anda akan memenuhi
permintaan ini. Hari-hari ini, orang terbiasa berbelanja barang apa saja yang
mereka mau kapan saja siang dan malam.
5. Jangkauan Luas
Jika
Anda memiliki bisnis secara offline, Anda akan membatasi diri Anda dalam hal
audiens. Barang dan jasa Anda akan tersedia bagi masyarakat yang terbatas,
seperti di wilayah geografis tertentu. Bila Anda menjalankan bisnis online
Anda, Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan ini. Anda dapat membuka
penawaran Anda di tingkat nasional dan bahkan internasional.
6. Memberikan kemudahan
Bisnis
bisa mentransfer data via internet tidak perlu menunggu layanan pos. Pekerja
sekarang dapat bekerja dari rumah mereka di komputer mereka dan beristirahat
terhubung dengan kantor. Dalam pencarian untuk menghemat biaya, perusahaan
dapat melakukan outsourcing pekerjaan, yang berarti mempekerjakan seseorang
dari luar perusahaan bahkan di negara yang berbeda. Ini bisa jadi untuk
melakukan tugas seperti entri data atau layanan pelanggan telepon.
7. Pemasaran yang gratis
Ini
adalah manfaat penting lainnya dalam berbisnis online. Untuk bisnis offline,
Anda mungkin harus membayar banyak uang untuk mempromosikan produk Anda,
memasang iklan di media cetak, dll. Anda dapat mempromosikan bisnis online Anda
tanpa biaya apapun, dengan optimasi mesin pencari yang bagus , bisnis dapat
dengan cepat ditemukan. oleh pelanggan yang mencari produk dan layanan mereka.
Anda juga bisa menggunakan situs media sosial (facebook, twitter) dan
situs-situs lain di niche Anda untuk mempromosikan produk Anda secara gratis.
erjualan saat Anda tidur
Ini
mungkin keuntungan terbesar dalam melakukan bisnis online, situs web Anda tidak
hanya tersedia 24 jam per hari, namun juga tersedia untuk semua orang 365 hari
setahun. Saat berbisnis online, tidak ada batasan waktu. Sebuah situs web tidak
pernah ditutup, Anda akan mendapatkan pesanan online bahkan saat Anda sedang
tidur.
9. Tidak ada batasan
Menjual
secara online memungkinkan bisnis Anda menjangkau khalayak yang lebih luas.
Setiap orang dengan koneksi internet dapat mengakses situs Anda. Dunia adalah
batas Anda seperti tips bisnis instagram.
10. Ramah lingkungan
Anda
juga bisa membuktikan diri sebagai pecinta alam dengan melakukan bisnis online.
Bekerja secara online dari rumah Anda sendiri berarti penggunaan bensin lebih
sedikit dan lebih sedikit dokumen (lebih baik untuk lingkungan). Ini adalah
keuntungan lain dalam melakukan bisnis online.
11. Sangat mudah untuk melacak
keberhasilan
Anda
bisa mendapatkan laporan yang sangat akurat untuk mengetahui bagaimana
pelanggan menemukan Anda dan laman apa yang mereka lihat di situs web Anda.
Anda juga dapat mengumpulkan informasi kontak yang membantu Anda menargetkan
bisnis baru seperti tips bisnis franchise.
12. Mudah untuk tetap berhubungan dengan
pelanggan
Anda
dapat menggunakan buletin dan pemasaran email untuk berkomunikasi dengan
pelanggan Anda yang ada dan calon pelanggan baru yang telah memberi Anda alamat
email mereka. Ini lebih murah daripada media periklanan tradisional dan juga,
karena mereka tahu nama Anda, pesan Anda akan diperhatikan di kotak masuk
mereka.
Di
situs Anda, Anda dapat menyediakan bentuk komunikasi tambahan seperti live
chat, forum atau formulir pertanyaan. Hal ini mengarah pada layanan pelanggan
yang lebih baik dan juga peningkatan efisiensi. Saluran media sosial, seperti
Twitter dan Facebook, juga menyediakan cara lain untuk tetap berhubungan dengan
klien Anda.
13. Transaksi keuangan jauh lebih mudah
dan cepat
Mentransfer
uang bisa dikelola dari perangkat mobile manapun. Layanan seperti PayPal bisa
mentransfer uang ke hampir semua orang yang kita pilih di dunia. Menggunakan
mata uang yang berbeda tidak menjadi masalah, layanan ini dapat mengkonversi
mata uang yang berbeda ke dalam mata uang pilihan Anda.
Komentar
Posting Komentar