artikel bisnis online


Tugas bisnis online
1.      Browsing jenis jenis bisnis online. Minimal 5 atau 10 jenis
2.      Cara memulai bisnis online
3.      Cara meningkatkan penjulan online
4.      Keuntungan keuntungan dalam bisnis online
5.      Buatlah artikel dengan judul baru strategi bisnis online yang menguntungkan bagi pemula dengan cara mngkombinasi 4 artikel diatas dengan tambahan kreasi tulisan dari masing masing siswa
Artiker tersebut di copy dan dimodifikasi, kemudian simoan di blog masing-masing.

Jenis jenis bisnis online
1. Bisnis Dropship, Jenis Bisnis Online Modal Minim
Ide dasar di balik bisnis dropship adalah bahwa, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tidak perlu menyimpan atau menyetok barang dan tidak perlu menangani pengiriman barang kepada pelanggan Anda.
Ini tentunya memangkas biaya dan resiko memiliki gudang yang penuh dengan barang yang tidak terjual. Selain itu, Anda terhindar dari kerumitan proses pengiriman pesanan ke seluruh pelosok Indonesia atau bahkan luar negeri.
Sebagai gantinya, Anda bekerja dengan perusahaan atau bisnis yang mengkhususkan diri pada jenis bisnis online dropship. Begini cara kerjanya:
·         Anda bekerjasama dengan suplier dropship
·         Selanjutnya, Anda melisting produk yang dijual ke website Anda atau di platform marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia
·         Ketika Anda pembelian, maka Anda menerima uang dari pembeli lalu memesan barang dari suplier dropship. Biasanya suplier ini memberikan harga lebih murah kepada dropshipper.
·         Selanjutnya, suplier melakukan packing dan mengirim barang ke pembeli dimana pada bagian pengirim tertera nama Anda.
Cukup mudah bukan? Dengan usaha dropship, Anda dapat menawarkan berbagai macam produk, sehingga biaya operasional untuk bisnis Anda sangat rendah.
Namun, ada kekurangan dari model bisnis dropship ini. Anda harus menemukan supplier/ produsen yang punya reputasi baik dan dapat diandalkan untuk mengirim barang ke pelanggan Anda. Jika pesanan terlambat, tidak dikirim, atau produk berkualitas buruk, maka Anda yang disalahkan.
Selain itu, karena pasar ini sangat kompetitif, marginnya (perbedaan antara harga grosir dan seberapa banyak Anda dapat menjual produk) lebih rendah. Tapi, tetap saja bisnis dropship merupakan salah satu pilihan untuk memulai bisnis internet dengan biaya rendah atau nyaris tanpa biaya.
2. Bisnis Affiliate Marketing
Jenis bisnis online affiliate marketing ini agak mirip dengan bisnis dropship namun ada beberapa perbedaan mendasar. Dengan model bisnis online ini, sekali lagi Anda tidak perlu menyetok barang dan tidak perlu khawatir tentang proses pengiriman produk ke pelanggan.
Bahkan, bila Anda tidak punya produk, Anda tetap bisa menjual produk orang lain dan mengambil keuntungan. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memilih ceruk menguntungkan untuk bisnis online Anda, kemudian menemukan mitra afiliasi yang memiliki produk yang tersedia di ceruk itu.
Perbedaan mendasar antara dropship dengan affiliate marketing adalah pada teknologinya. Pada bisnis dropship, kita sebagai dropshipper harus berkomunikasi dengan calon pembeli, biasanya via chatting.
Pada bisnis affiliate, sebagai affiliate marketer Anda tidak harus berkomunikasi dengan calon pembeli, tapi cukup mempromosikan link khusus milik Anda. Bila terjadi pembelian melalui link Anda tersebut, maka Anda akan mendapat komisi.
Beberapa e-commerce yang menawarkan kesempatan menjadi affiliate:
·         Amazon.com
·         Blibli.com
·         Bhinneka.com
·         Ratakan.com
·         Idaff.com

3. Blogging for Money
Jika Anda memiliki keahlian atau minat pada suatu topik, maka Anda bisa menghasilkan uang dengan membangun sebuah blog. Manfaatkan layanan platform blogging gratis seperti Blogger (www.blogger.com) untuk membuat blog. Atau Anda juga bisa membuat situs dengan membeli domain dan hosting sendiri dengan harga yang terjangkau.
Anda mungkin berpikir bahwa kegiatan blogging hanyalah menulis artikel. Bisa jadi, bila itu yang Anda inginkan. Tapi menulis artikel di blog hanyalah awal. Selain menulis artikel, Anda juga bisa memposting foto, video, dan link ke situs lain, memposting ulang berita dan artikel lain. Ada banyak yang bisa dilakukan, asalkan berkaitan dengan niche Anda.
Konten seperti apa yang harus Anda berikan? Apa saja yang berhubungan dengan minat dan keahlian Anda, misalnya artikel tutorial, artikel daftar top-10, komentar tentang tren, artikel tips dan trik Anda. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memberikan konten yang bermanfaat, ada banyak sekali ide yang bisa digali.
Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, diantaranya:
·         Google AdSense
Iklan berbasi PPC ini sangat populer di Indonesia, dimana para pemilik website/ blog bisa menampilkan iklan di website mereka. Setiap kali pengunjung mengklik sebuah iklan, maka Anda akan menghasilkan uang. Jumlah per klik iklan biasanya kecil, namun jika jumlah klik iklan banyak tentu saja hasilnya besar.
·         Iklan Mandiri di Blog
Anda juga bisa menawarkan spot iklan banner di blog Anda. Misalnya blog Anda fokus membahas topik tentang ibu dan anak, kemungkinan besar bisnis yang berhubungan dengan topik blog Anda akan bersedia memasang iklan dengan biaya tertentu.
·         Pemasaran Afiliasi
Seperti yang telah dijelaskan di atas. Di dalam website Anda, Anda bisa menyertakan tautan ke produk yang dipromosikan, dan setiap kali seseorang membeli produk, Anda mendapat komisi.
Anda bisa mengintegrasikan iklan dengan konten agar semakin besar kemungkinan Anda akan menghasilkan penjualan. Misalnya, Anda bisa melakukan review produk – yang merupakan konten yang bermanfaat – dan kemudian menyertakan tautan untuk membeli produk di bawah dimana link tersebut adalah link afiliasi Anda.
4. Menjadi YouTuber
Pernahkah Anda menonton video YouTube? Tentu saja Anda Pernah! YouTube adalah salah satu situs web terpopuler di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna menonton video selama berjam-jam setiap hari.
Anda bisa memanfaatkan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Anda tidak harus membuat video viral. Namun, jika itu terjadi dimana video Anda dilihat orang dari seluruh dunia dengan jutaan views, itu merupakan keuntungan tersendiri.
Anda bisa mengikuti strategi yang telah terbukti meningkatkan jumlah penayangan beberapa video. Mulailah dengan menciptakan konten yang bermanfaat, sesuatu yang menarik untuk ditonton orang. Dan itu berhasil di berbagai niche yang berbeda. Video Anda bisa berupa tutorial, tips dan trik tentang topik tertentu, opini, bermain musik, bernyanyi, dan lain sebagainya. Tidak ada batasan konten video yang bisa Anda ciptakan.
Pendapatan YouTuber berasal dari iklan yang tayang di video Anda. Langkah pertama, Anda membuat akun YouTube dan mulai mengupload video. Kemudian Anda bisa mengaktifkan opsi monetisasi di setelan YouTube Anda.
Pada dasarnya, ini memperbolehkan Google untuk menyertakan iklan AdSense singkat di dalam video Anda. Tentu Anda perrnah Anda melihat iklan jika Anda menonton video YouTube. Saat pemirsa mengeklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan uang.
Beberapa tip untuk membuat video yang tampak profesional (tidak perlu peralatan mahal):
·         Anda bisa menggunakan smartphone atau kamera video sederhana. Tapi pastikan pencahayaannya bagus sehingga objek dalam video Anda terlihat jernih.
·         Pastikan audio terdengar jelas. Anda tentu tidak ingin suara AC, kebisingan konstruksi, atau gangguan lainnya terdengar dalam video.
·         Gunakan perangkat lunak pengeditan sederhana seperti iMovie untuk meletakkan judul di awal video dan untuk mengedit kekurangan.
5. Menjual Produk Informasi
Bila Anda ingin memiliki bisnis internet, Anda tidak harus menjual produk fisik. Sebenarnya, menjual produk informasi digital adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghasilkan uang.
Ada banyak cara untuk membuat produk informasi, namun format yang paling populer meliputi:
·         Audio: rekaman telekonferensi, wawancara, kursus, atau beberapa produk audio lainnya
·         Video: rekaman webinar , sebuah wawancara, tutorial
·         Teks: sebuah ebook, buklet instruksi, panduan perjalanan

Cara memulai bisnis online
1. Cara Memulai Bisnis Online dari Nol pertama harus paham apa yang dijual
Paham produk (storeporter)

Kalau gak paham dengan barang yang mau kamu jual, ngapain juga kamu jalankan bisnis online? Paham gaknya kamu menentukan lho gimana hasil bisnis online-mu nanti. Penting tahu ini. Sebab ini menjadi cara memulai bisnis online dari nol.
Hal pertama yang mesti kamu pahami adalah barang atau produk yang bakal kamu jual. Bahkan, kamu wajib tahu sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini membantu kamu buat mengetahui kualitas produk yang dijual. Kamu juga tahu berapa harga beli dan harga jual yang pantas.
Kedua, kamu juga harus memahami selera pasar. Apa yang lagi orang-orang suka saat ini? Model seperti apa yang mereka pengin punya? Kalau hal-hal itu bisa kamu pahami, dijamin barang-barang yang kamu jual mendatangkan banyak pembeli.
Ketiga, pastikan produk yang kamu pasarkan nanti, banyak yang cari di Google. Cara gratis untuk mengetahui banyak-tidaknya orang yang mencari produkmu, kamu bisa gunakan Google Keyword Planner. Dari situ kamu bisa lihat berapa volume pencarian dari produk yang bakal kamu jual.
Kalau volume pencarian dari barang yang hendak kamu jual terlampau tinggi, maka makin tinggi juga persaingan dalam menjual barang itu. Pertimbangkan untuk mencari varian unik dari barang tersebut, yang masih jarang dijual orang lain, tapi disukai.
2. Riset kompetitor
Riset kompetitor (productmanagerclub)

Kamu harus tahu betul kompetitormu. Caranya, kamu bisa mulai dari riset gimana mereka jual produk mereka secara online. Buka-buka aja di platform online marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, hingga Shopee.
Cari tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang mau beli. Rating dan review emang kasih pengaruh cukup kuat. Namun, hal tersebut gak selamanya berlaku. Gak sedikit juga di antara pembeli yang kecewa lalu kasih rating dan review jelek.
Dari sini kamu bisa belajar buat menawarkan keunggulan bisnismu yang menjadi kelemahan di kompetitor. Misalnya aja soal pembeli yang paling gak suka respons yang lama atau pengemasan yang asal-asalan.
Nah, kekurangan kompetitor tersebut bisa kamu manfaatkan buat memaksimalkan penjualan bisnis online-mu. Misalnya nih, kalau ada pertanyaan yang mampir, kamu kudu jawab dengan cepat. Terus pengemasan barang, kalau memungkinkan, tambah bubble wrap agar pembeli happy.
Harga juga menentukan banget. Namun, menjual barang lebih murah dari lapak lain gak selamanya bakal mendatangkan banyak pembeli. Masih ada kok dan banyak malah yang mementingkan kualitas ketimbang murahnya harga. Intinya, kamu masih menjual dengan harga yang terbilang kompetitif.
3. Cari supplier
Cari supplier (pqs)

Boleh-boleh aja kamu cari supplier di pusat grosir. Namun, kamu bakal sulit buat ambil untung dari produk yang kamu jual.
Terus cari supplier di mana dong? Jangan menutup kemungkinan buat cari supplier sampai ke luar negeri. Atau dengan mendatangi sentra pengrajin di daerah-daerah. Buktinya, Brodo, brand sepatu cowok, bisa sukses dengan memberdayakan pengrajin sepatu Cibaduyut.
Seandainya kamu pengin kerjasama dengan supplier di luar negeri sana, kamu bisa mencarinya lewat Alibaba. Di sana banyak sekali barang beserta supplier-nya yang bisa diandalkan.
Lebih enak lagi nih kalau kamu bisa menjajaki kerjasama sebagai dropshipper dan reseller. Di Indonesia ada SupplierDusdusan, dan Bandros yang menawarkan kerjasama buat kamu yang pengin jadi dropshipper ataupun reseller.
4. Bikin brand yang buat orang percaya
Branding (aimhigherafrica)

Banyak yang memulai bisnis online dengan cara yang bisa dibilang asal-asalan. Mulai dari pemberian nama brand bisnisnya sendiri hingga logo yang dibikinnya. Padahal nih, kepercayaan orang-orang buat membeli terbangun dari citra bisnis itu sendiri.
Lihat aja brand-brand yang terkenal semisal Pepsi atau Nike. Nama dan logo brand mereka begitu melekat di pikiran orang-orang. Ditambah dengan kualitas yang mereka tawarkan, bikin orang-orang yakin kalau produk mereka itu bagus.
5. Promosi gratis hingga berbayar
Media sosial (adlibbing)

Bukan rahasia lagi bahwa promosi lewat medsos bisa dilakukan secara berbayar, namun bisa pula gratis. Tapi, walau sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan, antara gratis dan berbayar jelas lebih efektif yang berbayar karena lebih tertarget.
Saat ini media sosial semisal Facebook dan Instagram menawarkan ads atau iklan berbayar buat yang pengin produknya makin dikenal. Dikutip dari Facebook, biaya beriklan di medsos tersebut dimulai dari US$ 5 hingga US$ 50 ribu per minggu.
Itu berarti kamu sediakan dana mulai dari Rp 72 ribuan hingga Rp 720 jutaan per minggu. Mahal sih emang. Namun, lewat gratisan pun, gak menutup peluang buat dapat untung banyak kok. Asal dari awal kamu udah gencar promosikan brand-mu dengan baik.
Itu tadi lima cara memulai bisnis online dari nol. Mudah-mudahan aja dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa memperoleh banyak untung. Selamat mencoba!

Cara meningkatkan penjualan online

1. Pilih Platform yang Tepat untuk Website

Membuat website adalah pondasi utama supaya jualan online Anda semakin sukses dan berkembang. Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di dunia maya website adalah toko Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih platform untuk website. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan tentu saja pelanggan Anda.
Platform pembuatan website rekomendasi kami adalah WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.
Selain itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk website Anda. Website yang Anda buat menggunakan WordPress membutuhkan hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, dari gambar, HTML, hingga konten.

2. Gunakan Tema Profesional

Setelah membuat website menggunakan WordPress dan menyewa layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih tema profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa inspirasi tema WordPress di artikel template WordPress gratis.

3. Dapatkan Pelanggan dari Trafik Organik

Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah kumpulan panduan dan teknik untuk membuat website Anda search engine friendly.
Kami sudah membahas langkah-langkah apa saja untuk mengoptimasi SEO WordPress Anda di artikel SEO WordPress untuk Website Anda dalam 16 Tips Mudah. Anda dapat mengikuti panduan tersebut dan menerapkannya di website Anda. Namun, harus dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.

4. Susun Strategi Content Marketing

Content marketing adalah strategi membuat konten yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan strategi content marketing memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.
Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi content marketing adalah dengan menambahkan blog ke website Anda. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.
Di blog tersebut Anda bisa menerbitkan konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Anda juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para pengunjung blog membeli produk yang Anda jual di website. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai strategi content marketing di artikel Strategi Content Marketing.

5. Buat Keputusan Berdasarkan Google Analytics

Kebanyakan para pebisnis pemula hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa membuat bisnis Anda tidak terarah.
Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantu Anda menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di website Anda. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah pengunjung yang meninggalkan website.
Anda bisa memasang Google Analytics di WordPress dengan mengikuti panduan di artikel Panduan Memasang Google Analytics.

6. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.
Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial. Ikuti panduan di artikel Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk menyusun strategi efektif untuk kampanye media sosial.

7. Aktif di Komunitas Online

Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon konsumen Anda. Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis traveling, Anda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang traveling dan liburan.
Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri Anda. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.

8. Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan bisa menjadi senjata Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Kumpulan testimoni pelanggan bisa mempengaruhi calon konsumen yang sebelumnya ragu dengan produk Anda menjadi yakin untuk mencoba. Anda bisa meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, atau bahkan halaman utama website Anda.

9. Sediakan Berbagai Macam Metode Pembayaran

Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu bank tertentu. Ada yang menggunakan BCA, BNI, Bank Permata, Bank Danamon, BRI, atau Bank Mandiri. Ada juga yang lebih suka membayar melalui kartu kredit atau mobile payment tertentu seperti Go-Pay, OVO, dan T-Cash.
Tawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Menambah metode pembayaran turut membantu meningkatkan penjualan online bisnis karena pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar. Salah satu contohnya adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay untuk mempermudah klien untuk membayar tagihan hosting, domain, atau VPS.

10. Buat Iklan yang Jujur

Kejujuran dalam membuat iklan adalah hal krusial untuk reputasi bisnis Anda. Anda memang harus membuat iklan yang unik, kreatif, dan menarik. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyisipkan klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Iklan yang tidak jujur hanya akan memperburuk kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen.

11. Optimasi Mobile

Optimasi website untuk perangkat mobile merupakan hal wajib untuk semua bisnis. Hal ini disebabkan oleh perilaku pengguna internet Indonesia yang mayoritas menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet.
Berdasarkan riset Google, sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih cepat diakses. Sebagai pemilik website Anda harus menjawab tantangan ini dengan mengoptimasi kecepatan loading website di perangkat mobile.
Selain penting untuk kenyamanan pengguna perangkat mobile, website yang dioptimasi untuk perangkat mobile juga lebih disukai oleh Google. Sejak 2017, Google telah resmi menerapkan mobile-first indexing yang artinya performa website Anda di perangkat mobile menjadi salah satu faktor terpenting dalam penilaian Google. Lebih bagus performa website di perangkat mobile, kemungkinan lebih tinggi pula peringkat yang bisa diperoleh di hasil pencarian Google.

12. Manfaatkan PPC

PPC adalah kependekan dari Pay Per Click, salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem periklanan seperti ini cocok diterapkan di berbagai jenis bisnis, baik bisnis skala kecil, menengah, atau perusahaan besar sekalipun. Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.
PPC memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak audiens yang ditargetkan untuk suatu iklan. Anda bebas mengatur jumlah audiens iklan Anda, bisa 10 ribu audiens, 20 ribu audiens, atau bahkan 50 ribu audiens. Tentu lebih banyak audiens yang ditargetkan, lebih banyak juga uang yang Anda keluarkan.
Selain itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audiens yang Anda targetkan. Misalnya, bisnis Anda adalah pakaian bayi, Anda bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, yaitu ibu. PPC juga memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens berdasarkan lokasi sehingga Anda bisa fokus pada lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis Anda.
Anda bisa membuat iklan PPC di masing-masing platform dengan mengikuti panduan di artikel ini: Cara Menggunakan Google AdWordsCara Membuat Instagram Ads, dan Cara Membuat Facebook Ads.

13. Terapkan Strategi FOMO

FOMO adalah singkatan dari fear of missing out yang arti harfiahnya “takut ketinggalan”. Fear of missing out adalah istilah psikologis yang menggambarkan perilaku manusia yang gelisah jika ketinggalan tren atau hal-hal yang menyenangkan.
Dalam bisnis, Anda bisa memanfaatkan perilaku tersebut untuk meningkatkan penjualan online. Pada dasarnya Anda perlu membangun kegelisahan calon konsumen Anda dengan meyakinkan mereka bahwa promosi yang Anda tawarkan adalah langka dan jarang terjadi.

14. Tingkatkan Kecepatan Website

Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.
Selain itu, pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

15. Manfaatkan Email Marketing

Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Gary Thuerk adalah orang pertama yang mengirimkan email marketing pada tahun 1978. Sejak saat itu, email dikenal sebagai salah satu alat marketing yang efektif. Pada tahun 2017, dari 205 milyar email yang terkirim setiap harinya, 120 milyar di antaranya adalah email bisnis yang di dalamnya termasuk email marketing.
Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, fakta berkata sebaliknya, penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.
Sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen dibandingkan Facebook dan Twitter. Efektivitas yang tinggi ini mungkin disebabkan perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu kotak masuk email.
Selain itu, 59 persen konsumen bersedia untuk menjadi berlangganan email marketing atau newsletter jika ada penawaran yang diberikan. Penawaran tersebut bisa berupa kupon atau diskon spesial. Menurut penelitian sebanyak 65 persen konsumen mendapatkan kupon diskon dari email marketing. Hal ini menunjukkan bahwa email marketing mendorong konsumen untuk berbelanja baik online maupun langsung ke toko.

 Keuntungan bisnis online
1. Menyimpan uang
Salah satu manfaat utama menjalankan bisnis online Anda adalah Anda dapat menghemat banyak uang . Ini termasuk menghemat tempat usaha dan berbagai tagihan yang datang dengan menyewa atau membeli tempat. Selain itu, Anda melakukan penghematan di daerah-daerah seperti biaya perjalanan. Anda dapat memotong banyak biaya untuk memulai bisnis jika Anda memutuskan untuk menyiapkannya secara online. Bagi mereka yang memulai bisnis dengan anggaran terbatas, ini adalah solusi ideal.
2. Bagus untuk produk bertema
Jika Anda menjual produk niche, operasi online sangatlah ideal. Orang yang mencari jenis produk tertentu dapat dengan mudah menemukan dan mengakses layanan Anda, yang berarti Anda bisa mendapatkan keuntungan dari lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan setumpuk batu bata dan mortir, di mana Anda hanya dapat diakses oleh orang-orang yang terbatas. Perusahaan seperti Bikerringshop menjual produk spesialis seperti perhiasan tengkorak dan cincin tengkorak. Dengan beroperasi secara online, mereka dapat menjangkau khalayak global untuk produk niche mereka.
3. Sederhana dan nyaman
Menyiapkan dan menjalankan bisnis bisa menjadi tantangan nyata. Namun, saat Anda beroperasi online Anda bisa menghilangkan banyak stres dan kerumitan yang terlibat. Ini adalah metode bisnis yang sederhana, nyaman, dan sangat populer akhir-akhir ini. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak perusahaan start-up memutuskan untuk beroperasi secara online.
4. Sangat populer dengan konsumen
Semakin banyak konsumen sekarang ingin menikmati kemudahan dan kenyamanan berbelanja barang dan jasa secara online . Dengan pengaturan online, Anda akan memenuhi permintaan ini. Hari-hari ini, orang terbiasa berbelanja barang apa saja yang mereka mau kapan saja siang dan malam.
5. Jangkauan Luas
Jika Anda memiliki bisnis secara offline, Anda akan membatasi diri Anda dalam hal audiens. Barang dan jasa Anda akan tersedia bagi masyarakat yang terbatas, seperti di wilayah geografis tertentu. Bila Anda menjalankan bisnis online Anda, Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan ini. Anda dapat membuka penawaran Anda di tingkat nasional dan bahkan internasional.


6. Memberikan kemudahan

Bisnis bisa mentransfer data via internet tidak perlu menunggu layanan pos. Pekerja sekarang dapat bekerja dari rumah mereka di komputer mereka dan beristirahat terhubung dengan kantor. Dalam pencarian untuk menghemat biaya, perusahaan dapat melakukan outsourcing pekerjaan, yang berarti mempekerjakan seseorang dari luar perusahaan bahkan di negara yang berbeda. Ini bisa jadi untuk melakukan tugas seperti entri data atau layanan pelanggan telepon.
7. Pemasaran yang gratis
Ini adalah manfaat penting lainnya dalam berbisnis online. Untuk bisnis offline, Anda mungkin harus membayar banyak uang untuk mempromosikan produk Anda, memasang iklan di media cetak, dll. Anda dapat mempromosikan bisnis online Anda tanpa biaya apapun, dengan optimasi mesin pencari yang bagus , bisnis dapat dengan cepat ditemukan. oleh pelanggan yang mencari produk dan layanan mereka. Anda juga bisa menggunakan situs media sosial (facebook, twitter) dan situs-situs lain di niche Anda untuk mempromosikan produk Anda secara gratis.
erjualan saat Anda tidur
Ini mungkin keuntungan terbesar dalam melakukan bisnis online, situs web Anda tidak hanya tersedia 24 jam per hari, namun juga tersedia untuk semua orang 365 hari setahun. Saat berbisnis online, tidak ada batasan waktu. Sebuah situs web tidak pernah ditutup, Anda akan mendapatkan pesanan online bahkan saat Anda sedang tidur.
9. Tidak ada batasan
Menjual secara online memungkinkan bisnis Anda menjangkau khalayak yang lebih luas. Setiap orang dengan koneksi internet dapat mengakses situs Anda. Dunia adalah batas Anda seperti tips bisnis instagram.
10. Ramah lingkungan
Anda juga bisa membuktikan diri sebagai pecinta alam dengan melakukan bisnis online. Bekerja secara online dari rumah Anda sendiri berarti penggunaan bensin lebih sedikit dan lebih sedikit dokumen (lebih baik untuk lingkungan). Ini adalah keuntungan lain dalam melakukan bisnis online.
11. Sangat mudah untuk melacak keberhasilan 
Anda bisa mendapatkan laporan yang sangat akurat untuk mengetahui bagaimana pelanggan menemukan Anda dan laman apa yang mereka lihat di situs web Anda. Anda juga dapat mengumpulkan informasi kontak yang membantu Anda menargetkan bisnis baru seperti tips bisnis franchise.
12. Mudah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan
Anda dapat menggunakan buletin dan pemasaran email untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda yang ada dan calon pelanggan baru yang telah memberi Anda alamat email mereka. Ini lebih murah daripada media periklanan tradisional dan juga, karena mereka tahu nama Anda, pesan Anda akan diperhatikan di kotak masuk mereka.
Di situs Anda, Anda dapat menyediakan bentuk komunikasi tambahan seperti live chat, forum atau formulir pertanyaan. Hal ini mengarah pada layanan pelanggan yang lebih baik dan juga peningkatan efisiensi. Saluran media sosial, seperti Twitter dan Facebook, juga menyediakan cara lain untuk tetap berhubungan dengan klien Anda.
13. Transaksi keuangan jauh lebih mudah dan cepat
Mentransfer uang bisa dikelola dari perangkat mobile manapun. Layanan seperti PayPal bisa mentransfer uang ke hampir semua orang yang kita pilih di dunia. Menggunakan mata uang yang berbeda tidak menjadi masalah, layanan ini dapat mengkonversi mata uang yang berbeda ke dalam mata uang pilihan Anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Iklan PPC menggunakan Aplikasi Google AdWords

Materi E-commerce (lanjutan)

Mengoptimalkan Facebook Ads untuk Bisnis online